21 September 2013

Pola Pikir Penghambat Kesuksesan

Hambatan untuk sukses sebenarnya banyak disebabkan oleh pribadi masing-masing. Misalnya kebiasaan menanamkan pola pikir yang menghambat kreativitas berikut ini.

Aku bosan

Merasa bosan identik dengan berhenti melakukan aktivitas yang seharusnya diselesaikan. Padahal sebenarnya Anda bisa lebih menggali potensi diri dan memunculkan ide kreatif dari hal yang sebelumnya tidak terduga saat bosan.

Aku benci

Kata benci sifatnya sangat kuat. Sehingga sekali Anda memikirkannya, otak akan secara otomatis mengelak segala hal yang sudah termasuk dalam peringkat benci. Sebaiknya katakan kurang tertarik, lantas temukan hal yang bisa menarik perhatian untuk memunculkan kreativitas.

Aku tidak bisa

Jangan pernah berkata tidak bisa ketika berusaha. Sebab sekali Anda menanamkan pola pikir seperti itu, tubuh akan menolak segala hal yang sedang Anda usahakan. Katakan Anda pasti bisa demi meningkatkan kepercayaan diri.

Aku tidak punya waktu

Sesungguhnya orang-orang yang merasa kehabisan waktu dan menganggap 24 jam terlalu singkat adalah mereka yang gagal membagi waktunya sendiri. Jadi jangan berpikir Anda tidak punya waktu saat akan melakukan sesuatu.

Itu bukan salahku

Memang sulit rasanya mengakui kesalahan. Namun jika Anda tidak pernah mengaku atas kesalahan yang diperbuat, selamanya Anda akan terjebak dalam perasaan yang tidak nyaman. Kreativitas pun terhambat karena Anda gagal berpikir secara jernih.

Ucapan yang keluar dari mulut memang bisa memotivasi tetapi juga menghancurkan. Setidaknya Anda pun sebaiknya menghindari ungkapan yang bisa menghancurkan karir berikut ini.

Saya tidak bisa...

Kata " tidak bisa " adalah pembunuh utama dari kreativitas dan produktivitas seseorang. Sebab jika pikiran sudah menghalangi Anda untuk melakukan sesuatu, tidak akan ada lagi hal yang bisa Anda selesaikan.

Bukan begitu caranya!

Menyalahkan, salah satu ungkapan yang juga bisa menghancurkan karir. Meskipun metode penyelesaian sebuah tugas sedikit berbeda dengan cara Anda melakukannya, hindari sikap menyalahkan orang lain.

Tidak mungkin

Di dunia ini, tidak ada yang tidak mungkin. Menanamkan pemikiran seperti itu jauh lebih baik daripada menganggap hal-hal sulit tidak mungkin diselesaikan. Membatasi diri dengan ungkapan tidak mungkin tidak akan membawa Anda pada keberhasilan.

Seandainya kita punya uang lebih...

Usaha yang terhambat biasanya disebabkan oleh masalah finansial. Namun bukan berarti Anda harus menghamburkan uang untuk menyukseskan sebuah usaha. Justru di sini kreativitas Anda sedang di uji coba untuk menemukan jalan keluar tanpa bantuan uang.

Masalahnya adalah...

Jangan fokus pada masalah! Hal yang paling penting yang harus Anda cermati justru solusi dari masalah tersebut. Anda hanya akan berjalan di tempat jika kerap memikirkan masalah tanpa solusi.

Jangan mengatakan atau bahkan memikirkannya jika Anda memang ingin sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar