18 September 2013

Bertransaksi Internet Banking

Perbankan Semakin Mudah Bertransaksi dengan Internet Banking Bagi Anda yang sibuk dan tidak banyak waktu untuk pergi apalagi mengantri di bank, saat ini ada layanan kemudahan bagi para nasabah dengan hadirnya internet banking.

Internet banking adalah salah satu dari layanan E-banking yang memberikan layanan langsung kepada nasabah melalui elektronik, baik melalui internet maupun PDA.

Dengan hadirnya internet banking Anda dapat melakukan aktivitas perbankan seperti mengetahui saldo atau mentransfer hanya dengan menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet. Lalu apa sebenarnya internet banking itu dan apa saja manfaat dari internet banking?

Pengertian Internet Banking


Internet banking merupakan layanan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan segala macam aktivitas perbankan. Sesuai dengan namanya, internet banking ini menggunakan jaringan internet dalam melakukan segala bentuk transaksi. Dengan demikian semua transaksi yang dilakukan tidak melalui proses tatap muka antara petugas bank dan nasabah melainkan dilakukan di dunia maya. Penggunaan internet banking sendiri di Indonesia telah ada semenjak tahun 2000 bersamaan dengan mobile banking yang menggunakan fasilitas handphone.

Namun pada saat itu, internet banking di Indonesia belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu kendala belum maksimalnya penggunaan internet banking pada waktu itu karena infrastruktur belum maksimal dan bank yang ada belum banyak yang menyediakan fasilitas internet banking. Namun kini sesuai dengan perkembangan zaman dan semakin banyaknya pengguna internet maka penggunaan internet banking pun semakin banyak dan meningkat tajam.

Layanan Internet Banking Internet banking menyediakan berbagai layanan di antaranya adalah layanan Informasi Rekening Tabungan dan Kartu Kredit, Rekening Deposito, dan Rekening Pinjaman. Layanan transfer uang, layanan pembayaran telpon baik telpon rumah, CDMA maupun GSM, pembayaran asuransi, pembayaran kartu kredit, atau pembayaran tagihan listrik. Dan layanan lainnya.

Manfaat Internet Banking Internet banking sebagai salah satu layanan perbankan yang menggunakan internet ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ATM seperti adanya layanan informasi saldo rekening, transfer dana antarrekening maupun antarbank, sampai layanan pembayaran tagihan. Dengan hadirnya internet banking, kita tidak perlu mengantri di bank ketika hendak melakukan transaksi. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga. Anda dapat melakukan transaksi perbankan melalui internet banking di mana saja dan kapan saja asal memiliki sarana pendukung berupa sambungan internet. Anda sudah bisa melakukan aktivitas perbankan.

Manfaat hadirnya layanan internet banking yang termasuk ke dalam e-banking ini tidak hanya dirasakan manfaatnya bagi nasabah, bagi bank sendiri mendapatkan manfaat tersendiri. Hadirnya layanan e-banking ini akan menambah pendapatan bagi bank yang didapat dari biaya atau fee setiap ada transaksi. Misalnya untuk pembayaran rekening listrik, bank mendapatkan fee Rp.2.500 setiap kali terjadi transaksi melalui internet banking.

Dengan demikian, semakin sering nasabah bertransaksi maka semakin banyak pula fee yang didapatkan oleh bank. Aktivasi Internet Banking Bagi Anda yang memiliki kesibukan padat mungkin jarang mengecek rekening, namun bagi Anda yang bekerja di depan internet secara full atau Anda yang memiliki bisnis online tentunya sangat membutuhkan layanan internet banking.

Jika Anda ingin mengaktifkan internet banking, baik itu layanan internet banking BNIBCA,Mandiri, atau BRI cukup dengan melakukan pendaftaran melalui mesin ATM di bank masing-masing, pastikan Anda telah memiliki ATM. Setelah Anda berada di mesin ATM, masukkan kartu ATM Anda dan pilihlah menu registrasi internet banking. Setelah masuk di menu internet banking, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi layanan internet banking.

Setelah internet banking Anda telah diaktifkan di mesin ATM, Anda tinggal mengaktifkannya di computer / PC yang telah terkoneksi dengan internet tentunya. Masuklah ke bank yang Anda miliki, misalnya jika Anda mengaktifkan internet banking untuk bank BCA Anda masuk kewww.klikbca.com, jika Anda ingin mengaktifkan internet banking BNI maka Anda masuk kewww.bni.co.id, jika Anda ingin mengaktifkan internet banking mandiri maka masuklah kewww.mandiri.co.id dan bank-bank lainnya. Setelah aktif, Anda dapat melakukan layanan internet banking seperti proses cek saldo, cek transaksi, ataupun melakukan transaksi keuangan, seperti transfer dana, pembayaran, maupun pembelian.


Amankah Internet Banking itu?


Kenapa Anda belum menggunakan layanan internet banking? Salah satu jawabannya mungkin karena ragu akan keamanan dari internet banking. Apakah internet banking itu keamanannya terjamin? Hal ini menjadi alasan akan adanya nasabah yang enggan menggunakan internet banking, karena sebagaimana yang diketahui kegiatan di internet sangat riskan terhadap penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.



Namun Anda jangan terlalu khawatir dengan hal yang disinyalir mengancam keamanan bertransaksi di internet banking tersebut karena tentu saja bank-bank sudah menggunakan standar keamanan yang ketat dan akan menjamin keamanan dari layanan yang mereka sediakan. SSL (Secure Socket Layer) atau HTTPS (Secure HTTP) merupakan contoh teknik pengamanan yang digunakan dalam elektronik banking (e-banking).


Salah satu bank yang menjadi pelopor bagi sistem layanan internet banking adalah BCA dengan layanan klik BCA. Bank yang didirikan pada tanggal 21 Februari 1957 ini menjadi pelopor dengan memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Dengan layanan internet banking dari BCA ini, Anda memiliki akses perbankan seperti mengetahui informasi saldo rekening tabungan, melakukan pembelian beragam produk, melakukan pembayaran tagihan bulanan, melakukan transfer dana baik ke sesama BCA maupun ke bank lain melalui jaringan internet.

Dalam hal keamanan, Klik BCA dilengkapi dengan keamanan yang dapat menjamin kerahasiaan data dan transaksi yang dilakukan oleh nasabah bank. Internet banking dari BCA juga memiliki keamanan tambahan berupa key BCA, yaitu sebagai pengamanan tambahan dalam melakukan transaksi finansial di Klik BCA. Key BCA berfungsi untuk mengeluarkan password yang selalu berganti setiap kali melakukan transaksi.


Tips Aman Internet Banking


Kejahatan di dunia maya memang ada, namun kita bisa mengantisipasinya dengan melakukan perlindungan terhadap apa yang kita miliki. Salah satunya adalah dalam layanan internet banking ini. Tips agar Anda aman menggunakan internet banking di antaranya sebagai berikut.

Jangan memberitahukan kepada siapapun password atau pin akun internet banking Anda. Lebih baik lagi jika Anda mengganti pin secara berkala.



Sebaiknya Anda tidak melakukan transaksi internet banking di komputer publik seperti rental komputer. Ketika hendak menggunakan layanan internet banking, sebaiknya menggunakan komputer pribadi.


Setelah melakukan transaksi di internet banking, pastikan Anda telah melakukan logout dengan benar. Sebaiknya jangan langsung menutup akses Anda ke internet banking, tunggu beberapa saat setelah ada respon dari transaksi yang Anda lakukan melalui internet banking tersebut.



Internet banking merupakan fasilitas yang dapat nasabah bank nikmati sebagai suatu kemudahan dalam bertransaksi. Adanya kemudahan layanan bank ini menjadi pilihan bagi kita apakah akan dimanfaatkan atau tidak. Namun sebaiknya kemudahan layanan ini kita gunakan, apalagi bagi Anda yang bekerja secara online maka internet banking adalah layanan yang sangat pas untuk Anda gunakan

1 komentar:

  1. […] (misalnya virtual), yang meliputi RAM, Disk Space dan juga sistem operasi (Linux atau Windows). Nasabah akan membayar sesuai dengan resource yang digunakan seperti penggunaan memory atau […]

    BalasHapus