30 September 2013

Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda

Merawat gigi anak ternyata gampang-gampang susah. Pengetahuan tentang pertumbuhan gigi bagi orangtua pun tak kalah penting. Kerapian dan keindahan gigi seseorang tak bisa lepas dari faktor genetik

Pertumbuhan gigi sendiri dimulai dengan munculnya gigi susu sejak usia 2 bulan sampai 2 tahun.

Jumlah gigi susu biasanya 20 buah, 10 gigi atas dan 10 gigi bawah. Pertumbuhan gigi susu dimulai dengan gigi seri bagian bawah, disusul gigi seri bagian atas. Selanjutnya, tumbuh gigi seri susu ke-2, baru kemudian tumbuh geraham susu di usia usia 8-9 bulan. Gigi susu yang terakhir tumbuh adalah gigi taring susu. "Semua gigi susu ini nantinya akan digantikan oleh gigi dewasa (gigi tetap), yang tumbuh mulai usia 6 12 tahun, meskipun terkadang lebih.

Pertumbuhan gigi tetap biasanya diawali oleh gigi seri, baru kemudian geraham kecil. Jadi, sehabis gigi seri, dilanjutkan geraham kecil bawah, geraham kecil atas, baru kemudian taring. Selain itu, ada pula geraham tetap, yang tidak menggantikan gigi susu, yang mulai muncul di usia sekitar 6 tahun. "Ini yang oleh orang-orang sering disangka sebagai gigi susu, padahal sebetulnya gigi tetap. Akibatnya, di usia 8-9 tahun, geraham tetap ini umumnya sudah rusak. Padahal, kalau sudah rusak, tidak ada gigi yang menggantikan.

Gigi yang tumbuh terakhir adalah gigi taring, biasanya di usia 9-12 tahun. Sering terjadi, rahang sempit, sehingga taring akhirnya tumbuh sebagai gingsul. "Ini karena tidak ada tempat lagi untuk taring tumbuh, ditambah adanya dorongan, akhirnya muncul gingsul,". Orangtua sering menganggap gingsul sebagai sesuatu yang mengganggu, sehingga memutuskan untuk mencabutnya. Padahal, taring ini merupakan sudut estetik wajah seseorang. Kenapa? "Karena taring memiliki akar paling panjang, sehingga kalau dicabut, tulang wajah akan berubah karena kempot, sehingga sering jadi kelihatan lebih tua." Kalau mau diperbaiki, yang dicabut biasanya geraham kecilnya, bukan taringnya.


PENTINGNYA FLUORIDE


Fluoride sangat penting untuk memperkuat enamel gigi, sehingga gigi tak gampang rusak. Fluoride bisa diberikan dalam bentuk gel atau pil. "Biasanya dimulai sejak anak berusia setahun atau dua tahun, dan diulang setahun kemudian,". Di usia 2 tahun, biasanya gigi anak masih bagus, sehingga proses fluoridasi bisa maksimal.

Pasta gigi juga mengandung fluoride. "Tapi, biasanya anak nggak terlalu suka pasta gigi yang rasanya pahit. Mereka lebih suka pasta gigi yang memiliki rasa, misalnya rasa stroberi, orange, dan sebagainya. Padahal, kadar fluoride pasta gigi dengan rasa seperti itu biasanya sedikit."


Jika sudah menginjak umur diatas 4 tahun pasti dia akan mulai menyukai konsumsi makanan manis seperti coklat, permen dan biskut. Kalau tidak diatur, mengkonsumsi makanan seperti itu ternyata tidak baik untuk perkembangan gigi.

Makanan manis dapat membuat gigi seorang anak dengan mudahnya menjadi keropos dan menjadi kuning. Gigi anak yang kuning atau kecoklatan akan berdampak buruk pada kepercayaan diri dia saat berinteraksi sosial. Maka dari itu, memiliki tips untuk membuat gigi anak Anda lama-kelamaan akan putih kembali dan pastinya anak Anda dapat percaya diri memberikan senyumnya untuk Anda dan teman-temannya.

Ikuti saja tips berikut :



  • Buatlah jadwal dengan dokter gigi jika kerusakan gigi anak sudah lumayan parah agar mendapatkan perawatan khusus seperti penghilangan noda dan kerak.

  • Gunakanlah pasta gigi khusus memutihkan gigi. Hal ini sangat berguna karena pasta gigi akan berfokus pada penghilangan noda pada gigi. Cobalah memilih beberapa pasta gigi yang cocok untuk anak Anda.

  • Oleskan whitening strip ke giginya. Dokter gigi anak, menyarankan anak-anak di atas usia 5 tahun ke atas dapat menggunakan strip dua kali sehari selama 30 menit dan selama 14 hari untuk hasil terbaik.

  • Ajarkan anak Anda untuk menggosok gigi secara teratur sehari dua kali agar tidak ada kuman yang menyerang giginya. Perlu Anda ingat bahwa jangan terlalu banyak menggosok gigi dalam satu hari usahakan maksimal tiga kali karena terlalu sering menggosok gigi juga berakibat menpiskan lapisa email pada gigi anak.


" Mengajarkan anak merawat kesehatan gigi harus dimulai sejak dini. Hal itu karena jika ia mengalami masalah pada gigi, pertumbuhannya bisa terhambat. Struktur gigi dewasanya kelak, juga bisa kurang baik. Untuk itu, jangan abaikan kesehatan gigi anak ".

1 komentar:

  1. Their footwear products are some of the better ones for arch support
    out on the market. This is caused by poor alignment
    of the bones of the foot. And of course the usual Sports Authority, Dick's and Champs.

    BalasHapus