27 Desember 2013

Apakah Baik? Liburan Keluarga ke Mall

Pergi ke mall telah menjadi alternatif liburan keluarga modern sekarang ini. Tapi sebenarnya apakah baik mengajak anak-anak dan keluarga mengunjungi mall saat liburan? Mengunjungi mall bersama keluarga bisa saja menguntungkan dan merugikan.

Menguntungkan karena mall merupakan satu kompleks hiburan lengkap. Anda dapat menemukan toko pakaian, toko buku, food court, bioskop, arena bermain anak, dan sebagainya sehingga tidak perlu berpindah-pindah tempat untuk mendapatkan semua yang keluarga Anda inginkan. Anda dan keluarga bisa puas berbelanja, makan, menonton film, dan bermain. Mall seperti tempat pertemuan besar bagi Anda dan keluarga.

Sementara sisi kerugian dari berlibur di mall adalah ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan. Misalnya suasana yang penuh sesak terutama pada akhir pekan dan hari libur. Ya, terkadang sebagian besar keluarga punya ide yang sama untuk pergi ke mall sehingga menjadi sangat ramai. Keramaian tersebut akan membuat Anda dan keluarga sulit bergerak atau menemukan apa yang dibutuhkan. Selain itu, Anda mungkin juga akan mengalami masalah dengan penuhnya parkir. Bahkan yang lebih buruk, ramainya mall bisa menjadi tempat bagi mulusnya tindak kejahatan seperti pencopetan atau penjambretan. Anda harus benar-benar waspada untuk itu.


Hal lain yang perlu Anda waspadai.


Kemungkinan anak-anak Anda menjadi konsumtif jika terlalu sering diajak berlibur ke mall. Anda sendiri pasti menyadari bahwa sangat sulit untuk menahan keinginan berbelanja. Terkadang bahkan Anda atau salah satu anggota keluarga terjebak membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah, Anda harus hati-hati dengan sikap tersebut yang mungkin bisa ditiru anak-anak.

Pada akhirnya, mengunjungi mall sebagai alternatif liburan keluarga bagaimanapun boleh-boleh saja. Namun, Anda perlu berhati-hati demi meminimalisir ketidaknyamanan dan kerugian yang mungkin ditimbulkan. Berikut ini tips agar tetap aman dan nyaman ketika memutuskan berlibur ke mall bersama keluarga :

Cari mall yang memiliki sistem keamanan bagus dan lahan parkir yang memadai.


Mall dengan keamanan baik biasanya memiliki cukup banyak anggota security dan dilengkapi dengan kamera CCTV di banyak sudut yang mengawasi kemungkinan adanya tindak kejahatan. Sementara tempat parkirnya dapat menampung banyak mobil dengan teratur meski saat liburan.

Pastikan setiap anggota keluarga berpakaian santai dan tidak memakai perhiasan mahal yang dapat mengundang kejahatan. Selain itu, pastikan Anda menyimpan dompet dengan baik dalam tas dan hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar. Hindari berbelanja terlalu banyak, terutama barang-barang berat karena dapat mengurangi keleluasaan bergerak dan memungkinkan terjadinya kecelakaan. Berbelanja terlalu banyak saat bersama anak-anak juga bukan model pembelajaran yang baik.

Waspadalah terhadap orang asing yang mendekati Anda atau anggota keluarga terutama anak-anak untuk alasan apapun. Minta anak-anak untuk selalu dekat dengan Anda dan jangan sampai terpencar.
Semoga tips tersebut dapat membantu Anda menjaga keamanan dan kenyamanan keluarga selama mengunjungi mall. Selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar