13 Januari 2014

Tips Agar Anda Dapat Menabung dan Berinvestasi

Tahukah anda agar dapat menabung dan berinvestasi, bila Anda seperti kebanyakan orang, biaya hidup Anda selalu mengikuti pendapatan. Entah bagaimana, ajaibnya, setiap kali Anda mendapatkan kenaikan gaji, bonus atau pendapatan ekstra selalu ujung-ujungnya habis. Anda tidak pernah memiliki sisa untuk ditabung, apalagi diinvestasikan di tempat lain! Percayalah, Anda tidak sendiri.
Bagaimana caranya agar Anda dapat menabung?

Ada  tiga cara yang dapat Anda lakukan:

Kendalikan pengeluaran

Kendalikanlah keinginan sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran. Jangan tergiur untuk menuruti keinginan hanya karena Anda memegang uang. Bila motor Anda sekarang masih bagus, kenapa harus ganti? Bila handphone Anda selama ini cukup memenuhi kebutuhan komunikasi Anda, tidak usah beli lagi hanya karena ada model baru sedang diskon.

Pertimbangkan juga pengeluaran-pengeluaran rutin yang dapat Anda hemat:
  • Apakah Anda perlu sesering itu makan di luar?

  • Dapatkah Anda mengurangi kopi, rokok atau minuman ringan?

  • Apakah langganan televisi berbayar, koran, dan majalah benar-benar Anda butuhkan?

  • Dapatkah Anda ganti paket telepon Anda dengan yang lebih murah, misalnya paket promo? Daripada berbicara setiap kali berkomunikasi interlokal, bisakah lewat SMS, BBM, YM atau skype?

  • Apakah harus berkendaraan pribadi ke kantor? Bisakah naik kendaraan umum atau “nebeng” teman?
Bila Anda sudah menemukan peluang penghematan, lakukanlah tindakan. Stop pengeluaran itu dan tabung uang yang dihemat.

Bayar diri sendiri dulu

Metode ini membuat Anda terpaksa menabung secara otomatis karena dilakukan di awal segera setelah Anda menerima uang.
  • Sisihkan sebagian dari gaji Anda ke rekening tabungan melalui transfer otomatis (otodebet). Banyak produk tabungan, reksa dana dan asuransi yang menawarkan pembayaran bulanan melalui otodebet. Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana pendisiplinan diri sendiri untuk menabung dan berinvestasi.

  • Jika Anda mendapatkan kenaikan gaji atau bonus dari perusahaan, langsung sisihkan 10% atau lebih untuk tabungan.

  • Jika Anda sudah melunasi pinjaman, terus lakukan pembayaran bulanan untuk diri sendiri seolah-olah Anda masih punya cicilan. Anda dapat menyimpan atau menginvestasikan uang  itu untuk tujuan masa depan.

Bayar tagihan tepat waktu

Bayarlah tagihan rekening listrik/telepon/air, cicilan rumah, cicilan kendaraan, saldo kartu kredit, hutang pajak, dan lainnya secara tepat waktu. Hal ini akan menghindari biaya tambahan seperti denda keterlambatan, bunga tunggakan, biaya penyambungan kembali layanan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar